Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Negara Berkembang Prihatin dengan Proses Pembentukan Dana Iklim

Disarikan Ani Purwati – 17 Jun 2011

Perwakilan dari beberapa negara berkembang di Komite Transisi (Transitional Committee – TC) untuk desain Green Climate Fund (GFC) di bawah Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change – UNFCCC) mengungkapkan keprihatinan yang serius selamaproses desain GCF pada lokakarya teknis pertama dari TC yang diselenggarakan di Bonn, Jerman dari tanggal 30-01 Juni.

Menurut Meena Raman dari Third World Network dalam laporannya (6/6), negara-negara berkembang juga mengangkat masalah ini dalam pengajuan tertulis kepada Sekretariat TC setelah pertemuan pertama dari TC yang diselenggarakan di Mexico City 28-29 April.

Dua hari pertama dari lokakarya Bonn terdiri dari pertukaran antara TC dan Co-fasilitator kerja, sementara setengah hari terakhir pada tanggal 1 Juni terlibat pertukaran antara Co-fasilitator, anggota TC dan organisasi pengamat.

Keprihatinan dari negara-negara berkembang tentang proses dalam desain GCF meliputi:

• Tidak adanya laporan yang memadai tentang pertemuan pertama dari TC di Mexico City meskipun ada permintaan beberapa anggota negara berkembang dari TC ini. Apa yang diberikan kepada anggota TC adalah ringkasan laporan Co-chairs, bukan laporan atau subjek pertemuan untuk diadopsi anggota Komite. Laporan Co-Chair ‘dari pertemuan awal dikatakan berisi ketidakakuratan tertentu dan juga gagal mencerminkan banyak saran penting dari negara-negara berkembang, seperti dalam kasus usulan untuk  agenda alternatif oleh kelompok Afrika serta proposal untuk rencana kerja TC oleh Aliansi Negara Kepulauan Kecil;

• Peran dan tingkat keterlibatan dari Co-chairs dalam proses (dua dari mereka tidak menghadiri lokakarya, dan satu tidak menghadiri rapat Komite awal);

• Pertanyaan tentang siapa yang mengemudikan proses TC ketika proses yang dipimpin oleh para anggota itu sendiri;

• Kurangnya kejelasan tentang siapa yang memproduksi dokumen-dokumen untuk rapat / lokakarya dan

• Kurangnya waktu yang dialokasikan untuk pertemuan TC dan kendala anggaran untuk menyelesaikan tugas yang ditangani. Anggota prihatin bahwa hanya beberapa hari perundingan telah disisihkan untuk TC antara sekarang dan Durban, sementara ada banyak masalah yang kompleks untuk diselesaikan.

Sumber menunjukkan bahwa hanya 2 hari pertemuan resmi per pertemuan telah dijadwalkan dan dengan 3 kali pertemuan yang direncanakan dari sekarang sampai Durban, jumlah hari untuk melengkapi desain GCF hanya akan 6 hari. Beberapa delegasi negara berkembang dari TC bertanya-tanya bagaimana mereka diharapkan untuk menjalankan tugas yang sulit dan penting dalam periode waktu yang singkat.

Keprihatinan beberapa anggota TC dari negara-negara berkembang juga meningkat ketika mereka mengangkat isu-isu untuk menjamin transparansi dan untuk membawa kerangka pertemuan TC melalui dokumentasi yang tepat dan menyimpan catatan, mereka dianggap oleh beberapa kalangan sebagai “memblokir kemajuan “dalam upaya untuk merancang GCF.

Tidak satupun dari Co-chairs hadir pada sesi pembukaan lokakrya teknis pertama di Bonn pada tanggal 30 Mei. Mr Kjetil Lund dari Norwegia menghadiri sesi pada dua hari terakhir. Co-chair lainnya, Mr Ernesto Cordero Arroyo dari Meksiko tidak hadir dalam lokakarya sementara Co-Chair Mr Trevor Manuel dari Afrika Selatan tidak berada di lokakrya atau di pertemuan pertama dari TC di Meksiko selama ia terpilih.

Tidak adanya Co-Chairs selama lokakarya teknis membuat anggota TC dari Mesir, Filipina, Nikaragua dan Arab Saudi bersama Mr Lund di sesi penutup pada tanggal 31 Mei untuk mempertimbangkan proposal Grup Asia tentang Wakil Ketua di samping adanya  3 Co-Chairs, sebagai Co-Chairs yang ada adalah pejabat tinggi dengan tanggung jawab penting dan mungkin tidak dapat berpartisipasi dalam semua pertemuan.

 

Grup Asia telah mengusulkan perwakilan TC Singapura di Mexico City, Duta Besar Burhan Gafoor sebagai Wakil-Ketua. Arab Saudi sebagai Ketua Grup Asia ingin isu Wakil Ketua ditangani sebagai prioritas saat pertemuan TC berikutnya di Jepang.

Filipina, Mesir dan Nikaragua menekankan pada awal lokakarya teknis pada tanggal 30 Mei bahwa proses kerja dari TC perlu jelas siapa yang sedang mengemudikan proses, yaitu apakah itu adalah Co-Chairs dan Co-fasilitator, atau anggota dari TC itu sendiri.

Mereka menyampaikan pertanyaan seperti siapa yang menyusun berbagai dokumen untuk pertimbangan anggota TC untuk lokakarya. Mereka juga menekankan perlunya lebih banyak waktu untuk pertemuan untuk melaksanakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh TC anggota.

Hal-hal ini juga diangkat Mr Lund dari Norwegia saat sesi penutup lokakarya pada 31 Mei.

Selama sesi penutup, Mesir dan Filipina mengatakan bahwa sumber daya keuangan yang diperlukan untuk pertemuan TC harus diorganisir untuk melakukan apa yang dibutuhkan dalam memenuhi tugas besar dari TC. Mereka juga menekankan perlunya waktu lebih yang diberikan untuk durasi pertemuan mendatang dalam memberikan pekerjaan.

Mr Lund di sesi ini mengatakan bahwa dia mencatat pandangan dari anggota TC dan akan melihat masalah panjang pertemuan. Dia mengatakan bahwa tugas utamanya adalah untuk memastikan proses yang baik dan untuk menemukan keseimbangan dalam efisien kerja bersama dengan keterlibatan semua anggota TC.

Mesir dan Filipina juga mengangkat keprihatinan mereka dalam pengajuan tertulis kepada Sekretariat TC setelah pertemuan pertama dari TC.

Dalam pengajuan kepada Sekretariat TC, Mr Omar El-Arini dari Mesir mengatakan, bahwa harus ada laporan dari pertemuan pertama dari TC dan bukan ringkasan Co-Chairs, dan hal ini harus disusun dan diserahkan kepada anggota TC untuk adopsi.

Dia menyampaikan bahwa “semua dokumen disiapkan untuk pertemuan TC, termasuk laporan dari pertemuan, harus mengikuti format yang sama dengan dokumen yang disiapkan untuk pertemuan badan-badan lain dari Konvensi. Format yang digunakan oleh Badan Dana Adaptasi untuk laporan rapat ‘(untuk setiap item agenda / sub item, ringkasan dari pembahasan ini harus tersedia, diikuti oleh keputusan yang diambil pada masalah dan keputusan yang dibutuhkan dalam dokumen yang akan datang) akan menjadi contoh yang baik untuk mengikuti penyusunan laporan pertemuan TC.”

 

Dia juga mengangkat isu-isu lain termasuk pemilihan kantor, adopsi agenda. pengaturan kerja dan rencana kerja.

Ms Bernarditas Mueller dari Filipina dalam pengajuannya mengatakan bahwa harus ada delineasi yang jelas antara “Ringkasan Co-Chair” dan laporan pertemuan pertama dari TC, dan ini tidak bisa dilakukan dalam satu dokumen.

Dia mengatakan lebih lanjut bahwa “ringkasan Co-Chairs ‘disusun di bawah tanggung jawab mereka sendiri sebagai apresiasi tentang apa yang terjadi, yang, pada prinsipnya, tidak bisa tunduk pada pertimbangan dan adopsi dari TC. Laporan pertemuan adalah dokumen yang datang pada akhir pertemuan, biasanya disusun di bawah bimbingan seorang Pelapor yang merupakan petugas pertemuan, dan yang menginformasikan pada diskusi dan hasil dari setiap item agenda pertemuan. ”

Ms Mueller mengatakan bahwa ini sangat penting karena menjabarkan perjanjian, jika ada, dicapai pada pertemuan yang diadakan. Dia mengatakan bahwa laporan ringkasan Co-Chair ‘tidak lengkap dan berisi ketidakakuratan.

Ms Mueller mengatakan bahwa tidak ada pemahaman bahwa Co-Chairs terpilih “secara permanen,” sebagaimana tercermin dalam Co-Chairs’ summary.

 

Sumber: http://www.twnside.org.sg/title2/climate/news/Bonn08/TWN_bonn8.up03.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *