Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Sakit: Keseimbangan Alam dan Kehidupan Manusia Terganggu

Ani Purwati – 11 Nov 2010

Sakit terjadi karena keseimbangan alam dan kehidupan manusia terganggu. Alam berpotensi besar untuk mencegah sakit atau menjaga kesehatan. Seperti fisioterapi dan udara segara. Bahan-bahan makanan dan minuman berupa sayur, buah dan herba dari alam juga merupakan sumber obat yang bisa menjaga kesehatan.

“Saat ini banyak penyakit karena ginjal kita lelah. Banyak makanan kita bersifat racun sehingga ginjal harus bekerja keras untuk membersihkan racun dari zat-zat bermanfaat yang akan diserap,”  kata Endah Lasmadiwati sebagai pelestari tanaman obat dan pengembang kesehatan alami dari Taman Sringanis, di sela acara “Indonesia Organic and Green Fair 2010″ di Lapangan Taman Koleksi, Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang, Bogor (6/11).

Untuk menghindari racun ini, Lasmadiwati menyarankan agar masyarakat mengkonsumsi makanan alami dan organik yang baik untuk kesehatan badan dan mempercantik kulit.

Kesehatan juga sangat dipengaruhi oleh kondisi masing-masing individu. Emosi, pikiran, perilaku, ucapan dan pola hidup sangat mempengaruhi kualitas kesehatan tubuh.

“Bila kita selalu positive thingking (red: berpikir positif), maka tubuh mendapat pengaruh positif dan menjadi sehat. Sebaliknya bila negative thingking (red: berpikir negatif), tubuh juga mendapat pengaruh negatif dan akhirnya sakit,” ungkap Lasmadiwati.

Akal Pikiran dan Potensi Alam

Menurut Lasmadewati, Tuhan membekali manusia dengan akal pikiran dan naluri dengan segala potensinya yang luar biasa. Tetapi manusia tidak akan bisa hidup tanpa potensi alam dengan berbagai mahkluk yang ada di dalamnya.

Setiap orang juga mempunyai hak untuk hidup sehat dan sekaligus berkewajiban memelihara dan meningkatkan mutu kesehatannya. Bumi seisinya diserahkan Tuhan kepada manusia untuk kelangsungan hidupnya dan sekaligus menjadi tanggung jawab manusia untuk memelihara dan melestarikannya. Menurutnya yang terbaik mengarah pada hal-hal yang alami dan organis.

Dari pengamatan Lasmadewati, orang-orang jaman dulu hidup lebih sederhana dan panjang umur, mampu mempunyai keturunan yang banyak. Penyakit tidak sebanyak dan separah jaman sekarang. Sebaliknya masyarakat jaman sekarang sudah tidak dapat lepas dari ketergantungan terhadap industri obat-obatan dan pengobatan, baik secara modern maupun tradisional.

Taman Sringanis

Melihat kenyataan itu dan pengalamannya yang bisa sembuh dari sakitnya karena mengonsumsi bahan-bahan alami, Lasmadewati bertekad untuk mengembangkan bahan-bahan alami dan potensi diri untuk menjaga kesehatan. Bersama suami Putu Oka Sukanta, Endah Lasmadewati mendirikan Taman Sringanis (http://www.tamansringanis.com/profil.html) pada 1992.

Taman Sringanis merupakan wadah untuk merealisasikan visi dan misi hidupnya tentang kesehatan mandiri yang berakar pada tradisi dan budaya bangsa. Dia pun membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bersama mempelajari dan mengembangkan potensi alam dan diri itu.

“Di sini masyarakat bisa belajar dan membuat ramuan herbal sendiri untuk penyakit tertentu yang dikeluhkan,” kata Lasmadewati.

Menurutnya, sebaiknya manusia bisa mengenal kondisi  dan fungsi organ tubuhnya. Organ dalam tubuh manusia berfungsi untuk pembentukan anggota tubuh lainnya yang akan mempengaruhi emosi dan kejiwaan manusia. Hati membentuk mata, kuku, urat yang akan berpengaruh pada timbulnya emosi atau rasa marah dan tertekan. Jantung membentuk pembuluh darah dan semangat hidup akan berpengaruh pada timbulnya rasa cemas dan ambisi.

Limpa membentuk kelopak mata, otot dan bibir akan berpengaruh pada pikiran, kecewa, terharu. Paru-paru membentuk kulit, bulu badan, pori-pori, hidung akan berpengaruh pada timbulnya rasa sedih. Ginjal membentuk rambut, gigi, kawah mata, tulang akan berpengaruh pada rasa takut.

Sementara itu kekayaan alamyang berfungsi sebagai herbal di antaranya pegagan yang bermanfaat untuk kehalusan, kesegaran kulit dan kesehatan rambut, temulawak yang bermanfaat untuk kesegaran kulit, selera makan, melancarkan BAB, menambah merah darah, mengkudu bermanfaat untuk kehalusan dan kesegaran kulit, melangsingkan dan menghambat uban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>