Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Pelepasan Nyamuk Transgenik Ditunda

Disarikan Ani Purwati – 06 Jan 2012

Badan Pengendalian Nyamuk Florida Keys (The Florida Keys Mosquito Control District) mengumumkan telah menunda rencana pelepasan nyamuk rekayasa genetik (transgenik) – yang akan menjadi pelepasan pertama kalinya di AS – sampai akhir musim semi. Rencana pelepasan ini sebagai teknik pengendalian populasi nyamuk namun telah menarik keprihatinan kesehatan, etika dan lingkungan. 

Eric Hoffman sebagai pengkampanye kebijakan bioteknologi Friends of the Earth menyambut penundaan ini dan menyatakannya sebagai tindakan yang bijaksana mengingat risiko nyamuk transgenik.

Badan Pengendalian Nyamuk Florida Keys sedang mempertimbangkan apa yang akan terjadi pada pelepasan nyamuk transgenik pertama kalinya ke alam liar di AS. Melepaskan nyamuk transgenik ke lingkungan dapat menggoyahkan ekosistem, membahayakan kesehatan manusia, menakut-nakuti turis, dan membahayakan perekonomian Florida Keys. Dampak-dampak potensial harus dievaluasi melalui proses kajian dampak lingkungan serius dan menyeluruh.”

Program percontohan oleh Badan Pengendalian Namuk Florida Keys akan melakukan uji pelepasan sekitar 5.000 hingga 10.000 nyamuk – spesies Aedes aegypti yang membawa demam berdarah – yang telah khusus dibiakkan untuk menghasilkan keturunan yang mati muda.

Menurut rencana pada Januari, pelepasan setiap saat akan terjadi setidaknya akhir musim semi,” kata Direktur Eksekutif Badan Pengendalian Namuk Florida Keys, Michael Doyle.

Dalam teori, pelepasan nyamuk jantan dengan gen perkembangbiakan rusak akan bersaing dengan nyamuk alami, secara tajam mengurangi produksi keseluruhan generasi mendatang. Nyamuk jantan tidak menggigit.

Oxitec, sebuah perusahaan Inggris bekerjasama dengan badan pengendalian nyamuk, mengatakan telah melepas nyamuk yang sudah diubah secara genetik di  Kepulauan Cayman, Malaysia dan Brazil dengan hasil positif mengurangi populasi serangga.

“Siapa yang akan mengatur pelepasannya dan siapa yang akan bertanggung jawab secara hukum dan finansial jika ada yang salah?” kata spesialis kelompok bioteknologi, Eric Hoffman. “Apakah Oxitec akan meminta persetujuan penduduk Key West secara terbuka?”

Friends of the Earth membantah klaim bahwa pelepasan nyamuk bisa lebih mengurangi terjadinya penyakit, dan mempertanyakan bagaimana Oxitec dapat menjamin tidak ada nyamuk betina yang akan sengaja dilepas.

Sumber Selengkapnya: http://www.biosafety-info.net/article.php?aid=867

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>