Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Mahkamah Agung Meksiko Tolak Banding Larangan Jagung Transgenik

Pengantar

Kelompok tani meksiko melawan perusahaan benih raksasa Bayer-Mosanta bukanlah perkara gampang, sebab kasus ini sudah bergulir sejak tahun 2012 ketika pemerintah Meksiko melalui peraturan perundangan setempat mengizinkan penanaman tanaman jagung transgenik atau PRG/GMO. Kelompok tani protes dan menolak kebijakan pemerintah Meksiko melalui gugutan publik (class action) terhadap pelepasan jagung transgenik/PRG, terkait dengan pengingkaran terhadap hak atas benih lokalnya dan perlindungan terhadap keselamatan keanekaragaman hayati setempat dari ancaman pencemaran genetik PRG. Alasan itulah berita ini dialihbahasakan agar lebih berhati-hati dalam pengelolaan PRG, dan bisa mengambil pelajaran berharga dari kasus Meksiko ini. 

Berita ini diterjemahkan oleh KONPHALINDO dari sumber: https://foodtank.com/news/2021/10/mexicos-highest-court-rejects-appeal-of-gm-corn-ban/  

***

Bayer/Monsanto mengalami kemunduran panjang dalam perjuangannya untuk menanam jagung trnsgenik (produk rekayasa genetika/GMO) di Meksiko ketika Mahkamah Agung (red) negara itu pada 13 Oktober (2021) menolak untuk membatalkan perintah pencegahan yang membatasi budidaya jagung transgenik. Dalam keputusan bulatnya, pengadilan setuju dengan para pemohon kelompok petani yang meminta perintah pada tahun 2013 bahwa penanaman jagung PRG/GMO menimbulkan ancaman yang dapat mengancam cadangan keanekaragaman hayati jagung asli Meksiko melalui penyerbukan silang yang tidak terkendali.

Demanda Colectiva, kelompok masyarakat yang mengajukan gugatan kepada pemerintah, dalam sebuah pernyataannyamengatakan bahwa keputusan dengan suara bulat sangat mendukung “hak kolektif petani dan masyarakat adat dan konsumen jagung.”

Perusahaan kimia dan benih berusaha untuk membatalkan keputusan tersebut, termasuk Bayer-Monsanto, Syngenta, dan Corteva (sebelumnya Dow dan DuPont), mengkritik keputusan itu, dengan mengatakan bahwa produk transgenik “belum menghasilkan satu kasus ancaman atau risiko terhadap lingkungan.”

Perusahaan benih mengalami kekalahan beruntun

Dengan keputusan Mahkamah Agung itu, perusahaan-perusahaan tersebut menambah kekalahan beruntun yang mencakup lebih dari 100 banding yang ditolak yang berusaha untuk membatalkan perintah jagung transgenik. Namun, kerugian terbesar mereka mungkin adalah penarikan dukungan dari pemerintah Meksiko.

Dua pemerintahan sebelumnya telah menyetujui izin untuk budidaya jagung PRG dan berpihak pada perusahaan dalam perjuangan hukum melawan perintah tersebut. Presiden Andrés Manuel López Obrador, terpilih pada tahun 2018 dengan mandat yang kuat untuk merevitalisasi ekonomi pedesaan Meksiko, mungkin memiliki kabinet yang tidak sepenuhnya menyetujui PRG, tetapi pemerintah mengajukan laporan singkat kepada Mahkamah Agung yang mendukung perintah tersebut.

Pemerintah mengisyaratkan perubahan posisinya dengan keputusan presiden Malam Tahun Baru tahun lalu yang melarang penanaman jagung transgenik dan memutukan penghentian impor jagung transgenik serta penggunaan glifosat, bahan utama herbisida Roundup Bayer/Monsanto. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan glifosat sebagai kemungkinan karsinogen manusia. Bayer telah menyisihkan lebih dari US$11 miliar untuk menyelesaikan puluhan ribu tuntutan hukum oleh penggugat yang mengklaim bahwa paparan herbisida menyebabkan Limfoma Non-Hodgkin.

Perusahaan telah mengajukan gugatan di Meksiko untuk menghentikan keputusan tersebut, dan mereka telah mengajukan banding langsung ke Administrasi Biden untuk memperlakukan tindakan Meksiko sebagai pelanggaran terhadap Perjanjian AS-Meksiko-Kanada, Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang sedikit direvisi. Seperti yang dikatakan Karen Hansen-Kuhn dan saya, dekrit tersebut tampaknya tidak melanggar perjanjian perdagangan, dan bagaimanapun juga, Administrasi Biden harus mengakui hak Meksiko untuk membuat undang-undang untuk kesehatan dan lingkungan warganya sendiri, bukan perusahaan kimia dan benih asing.

Pukulan lain bagi perusahaan pada awal Oktober, regulator Meksiko menolak izin Bayer untuk pengiriman varietas jagung transgenik baru, dan menyatakan bahwa benih tersebut dimodifikasi secara genetik untuk mentolerir glifosat, yang mereka anggap berbahaya. Mereka secara eksplisit mengutip prinsip kehati-hatian, yang membuat marah perusahaan.

Semangat perlawanan yang panjang

Seperti yang saya dokumentasikan dalam buku saya tahun 2019, Makan Besok, dan dalam kumpulan artikel ini, kemenangan hukum terbaru Demanda Colectiva adalah produk dari semangat kampanye yang panjang untuk mempertahankan warisan unik jagung asli Meksiko dan milpa tumpang sari tradisional. Lembaga keanekaragaman hayati Meksiko telah mengidentifikasi lebih dari 21.000 varietas jagung asli yang berbeda.

Petisi asli 2013 mereka, yang masih menunggu sidang di pengadilan Meksiko, berpendapat bahwa konstitusi Meksiko menjamin hak atas lingkungan yang bersih dan bahwa penyerbukan silang dari jagung PRG mengancam integritas varietas jagung asli, yang harus dianggap sebagai bagian penting dari lingkungan yang diberikan tempat sentral tanaman di lanskap negara, budaya, dan masakan. Kontaminasi seperti itu didokumentasikan dengan baik di Meksiko.

Itulah sebabnya pengadilan memberikan perintah pencegahan sampai kasus itu bisa disidangkan. Dalam menegakkan perintah tersebut, pengadilan yang lebih rendah setuju dengan alasan para pemohon, ditulis pada tahun 2014, “Penggunaan dan penikmatan keanekaragaman hayati adalah hak generasi sekarang dan yang akan datang.”

Mahkamah Agung mungkin kurang fasih, tetapi sama-sama jelas. “Ada indikasi risiko yang cukup beralasan, sehingga dalam menghadapi ketidakpastian dan mempertimbangkan kemungkinan kerusakan lingkungan yang serius dan tidak dapat diubah, Kamar ini menganggap bahwa sesuai dengan prinsip kehati-hatian tindakan itu benar,” tulis Pengadilan.

Penafsiran itu sekarang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada tanggal 8 Oktober, Dewan Hak Asasi Manusia PBB secara resmi mengakui bahwa memiliki lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan adalah hak asasi manusia.

Dalam pernyataan mereka tentang putusan Mahkamah Agung, Demanda Colectiva menang tetapi waspada. “Keputusan ini sangat penting untuk pelestarian jagung asli dan milpa, tetapi juga untuk sektor peternakan lebah dan lebah itu sendiri, sebagai bagian dari keanekaragaman hayati itu, yang telah sangat terpengaruh oleh masuknya produk transgenik seperti kedelai dan jagung, serta penggunaan pestisida seperti glifosat.” Produsen madu di Yucatan telah menemukan madu organik mereka terkontaminasi dari serbuk sari produk transgenik yang terpapar glifosat.

“Perjalanan kita masih panjang untuk mencapai larangan definitif terhadap jagung transgenik di Meksiko, sebuah tindakan yang akan menjamin pelestarian dan perlindungan jagung asli, milpa, hak-hak petani atas lingkungan yang sehat, dan hak asasi manusia yang terkait,” tutup mereka. ***

Terkait berita sebelumnya:

  1. Ijin Penanaman Kedelai Transgenik Dicabut di Semenanjung Yucatan Meksiko – http://beritabumi.or.id/ijin-penanaman-kedelai-transgenik-dicabut-di-semenanjung-yucatan-meksiko/
  2. Jagung Transgenik: Komersialisasi dan Uji Cobanya Dihentikan di Meksiko – http://beritabumi.or.id/jagung-transgenik-komersialisasi-dan-uji-cobanya-dihentikan-di-meksiko/
  3. Studi kaitan jagung dan kedelai transgenik pada hilangnya kupu-kupu – http://beritabumi.or.id/studi-kaitan-jagung-dan-kedelai-transgenik-pada-hilangnya-kupu-kupu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *