Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Ratusan Organisasi Minta Senat AS Susun Rancangan Aturan Perubahan Iklim

Ani Purwati – 04 Sep 2009

Ratusan organisasi dari berbagai bidang di dunia menyampaikan surat kepada Ketua Senat Komite Kerja Publik dan Lingkungan Hidup Amerika Serikat, Barbara Boxer. Surat tertanggal 26 Agustus 2009, atas nama 350 organisasi itu meminta Senat Amerika Serikat untuk menyusun draf rancangan aturan yang menyediakan perubahan transformasi dan pengurangan emisi gas rumah kaca untuk mencegah dampak berbahaya perubahan iklim. Suatu peristiwa yang menurut mereka membutuhkan rancangan aturan iklim yang kuat karena telah mengancam lingkungan hidup, ekonomi dan kesehatan masyarakat baik di Amerika Serikat dan seluruh dunia lainnya.

Rancangan iklim Senat harus menetapkan kisaran ekonomi emisi gas rumah kaca yang konsisten dengan ilmu pengetahuan terbaik dan dapat menjadi roda penggerak penting. Temuan dari Pusat Peneltian Perubahan Global Amerika Serikat, Panel Interpemerintah tentang Perubahan Iklim (Intergovernmental Panel on Climate Change-IPCC) dan beberapa institusi lain serta indikasi ilmuwan bahwa target stabilisasi gas rumah kaca atmosfir pada 450 ppm CO2 adalah terlalu tinggi untuk menghindari risiko berbahaya perubahan iklim.

Para ilmuwan saat ini memperingatkan bahwa CO2 harus dikurangi tidak lebih dari 350 ppm. Ketetapan H.R. 2454 (Undang-Undang Keamanan dan Energi Bersih Amerika) adalah tidak cukup bahkan untuk mencapai 450 ppm CO2. Rancangan iklim Senat harus berisi target pengurangan yang konsisten dengan ilmu pengetahuan terbaik, mewakili pembagian pengurangan global yang adil bagi Amerika Serikat dalam anggaran karbon yang ada di dunia, dan harus meliputi tindakan yang cepat pada polutan pemanasan global jangka pendek termasuk karbon hitam dan metana untuk memperlambat pemanasan sekitar suhu. 

Aksi Udara Bersih telah menyediakan banyak perlengkapan penting untuk mengurangi polutan gas rumah kaca. Oleh karena itu, Aksi Udara Bersih terus ada dalam H.R. 2454, yang akan benar-benar mengurangi kebutuhan pengendalian polusi yang ada, memfasilitasi konstruksi batubara pembangkit tenaga listrik dan memindahkan perencanaan penghasil polusi yang tak perlu. Keberadaan otoritas Aksi Udara Bersih harus diperkuat dengan menambah batas waktu untuk batubara yang paling kotor dan yang paling bersih untuk mencapai kebutuhan pengurangan atau menghentikan polusi.

Rancangan iklim Senat seharusnya menghapus beberapa lubang kecil kekurangan HR 2454 dan memastikan integritas sistem pengurangan polusi. Prioritas utama harus untuk menghapus atau lebih membatasi sumber polusi.

Rancangan iklim Senat seharusnya melindungi pendapatan keluarga menengah ke bawah. Dengan mengabaikan mekanisme terpilih, penetapan harga karbon harus transparan, stabil dan dapat diprediksi, pada saat memperkecil kemampuan entitas swasta memanipulasi harga karbon. Kita tidak percaya isi mekanisme pasar dalam batasan sekarang dan usulan perdagangan untuk mencapainya. Rancangan iklim Senat seharusnya memastikan ada perlindungan yang cukup dari perubahan iklim untuk keluarga berpendapatan rendah, komunitas domestik dan global yang rentan, masyarakat adat dan asli Amerika Serikat. Meliputi perlindungan dan keuntungan bagi konsumen berpendapatan rendah dan cukupnya pendanaan internasional untuk adaptasi.

Rancangan iklim Senat seharusnya menyediakan energi bersih yang berlimpah, mandat dan insentif untuk sumber energi bersih berlimpah seperti sinar matahari, angin, non-dam hidro, yang tidak menimbulkan beban racun pada masyarakat dan pekerja dan tidak memerlukan teknologi insenerator.

Rancangan iklim Senat seharusnya menghapus bantuan pada poluter, termasuk subsidi pada batubara dan minyak. Pendanaan pemerintah seharusnya tidak mengarah pada bahaya energi fosil atau industri nuklir atau praktik merusak seperti tambang terbuka. Sebagai gantinya, dana publik seharusnya mengarah pada investasi energi efisien, terbarukan dan kreasi kerja hijau.

Rancangan iklim Senat seharusnya bertindak sesuai kewajiban internasional Amerika Serikat. Untuk keadilan global dengan pengurangan emisi global yang berarti, Amerika Serikat harus lebih dalam mengurangi emisi domestik dan menyediakan dana iklim internasional yang cukup untuk teknologi bersih, adaptasi dan mendukung menghentikan deforestasi. Pemenuhan komitmen ini akan penting bagi pengamanan efektifitas kesepakatan internasional.

Ratusan organisasi itu mendukung massivenya upaya politik yang diperlukan untuk keluarnya peraturan perundangan iklim, tetapi rancangan iklim dengan target tidak cukup, hukum lingkungan yang berbelit-belit, dan dana yang tidak cukup bagi negara berkembang dalam menghadapi perubahan iklim akan mengarahkan mereka pada sikap sebaliknya. Mereka juga menghimbau Senat mengeluarkan rancangan iklim yang kuat dan konsisten dengan prinsip yang diuraikan di atas.

Sumber: http://www.foe.org/ dan http://www.twnside.org.sg/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>