Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Gen tahan antibiotik dari laboratorium mencemari sungai China

Redaksi – 19 Mar 2013

Para ilmuwan telah menerbitkan sebuah makalah di jurnal Environmental Science & Technology yang mendokumentasikan keberadaan vector plasmid antibiotik sintetis dalam mikroba dari enam sungai China. Gen tahan (resistensi) antibiotik secara rutin digunakan dalam biologi molekuler dan percobaan transgenik (rekayasa genetik).

Penggunaan antibiotik di rumah sakit dan peternakan telah mencemari lingkungan dengan bakteri pembawa gen yang memberikan resistensi terhadap obat. Setelah di lingkungan, mikroba dapat dengan cepat mentransfer gen ke bakteri lain, menyebabkan strain resisten antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi berat dan kadang-kadang tidak dapat diobati.

Studi ini memberikan bukti definitif bahwa konstruksi genetik dari laboratorium telah mencapai lingkungan, menyebabkan situasi resistensi antibiotik berlanjut. Para penulis mengatakan bahwa selama studi menunjukan pencemaran lingkungan dari gen tahanan tibiotik sintetik, juga menunjukkan bahwa vektor plasmid sintetis mungkin merupakan sumber resistensi antibiotik pada manusia.

Jika percobaan transgenik lab harus dilakukan, harus dilakukan di bawah kondisi ketat yang terkandung. Harus dipastikan bahwa transgen dan gen sintetik tidak mencapai lingkungan. Karena kekhawatiran bahwa penggunaan tanaman transgenik yang mengandung gen penanda tahan antibiotik penanda dapat membahayakan perawatan medis karena transfer gen untuk usus atau bakteri tanah, beberapa yurisdiksi telah mengidentifikasi dan menghapus khususnya gen penanda tahan antibiotik, dan/atau melarang makanan dan pakan transgenik yang mengandung genpenanda tahan antibiotik.

Ilmuwan industri juga telah menggunakan kloning molekuler untu kteknologi tanaman dan bakteri untuk produksi biofuel dan rehabilitasi lingkungan. Untuk mencegah penyebaran gen resisten (tahan) antibiotik, bagaimanapun, sebagian besar tanaman transgenik diproduksi tanpa gen ini.

Tetapi karena teknik ini masih umum digunakan di laboratoriumbiologi molekuler, beberapa peneliti telah khawatir bahwa eksperimen ini bisa melepaskan gen resistensi ke lingkungan. Untuk mencari gen resisten antibiotik yang dibawa oleh plasmid sintetik, Jun-Wen Li diInstitute of Health and Environmental Medicine, di Tianjin, China, dan rekan-rekannya mengambil sampel air dari  enam hilir sungai China di kota yang padat penduduk. Mereka mengekstrak plasmid dari sampel dan transfer DNA ke Escherichia coli. Kemudian mereka memeriksa bakteri untuk gen yang umum  digunakan di laboratorium akademik dan industri yang memberikan resistensi terhadap antibiotik ampicillin. Untuk menentukan apakah gen dalam sampel berasal dari sumber buatan manusia, mereka menggunakan polymerase chain reaction untuk mencari urutan unik untuk beberapa plasmid sintetik.

Para peneliti menemukan gen resistensi sintetis dalam semua enam sungai. Dari semua ampisilin-resistance plasmid yang mereka temukan di sungai, sekitar 27% memiliki gen vektor-bersumbersintetik.

Justin J.Donato, seorang ahli biokimia di University of St Thomas, di StPaul, Minn,  mengatakan penelitian ini memberikan bukti definitif pertama bahwa konstruksi genetik dari laboratorium telah mencapai lingkungan. Mengingat bahwa tidak ada laporan sebelumnya yang mengamati plasmid sintetis ini di lingkungan, Donato terkejut. Dia mengatakan studi ini memerlukan replikasi terutama untuk menyingkirkan kemungkinan kontaminasi sampel dari plasmid yangada di laboratorium Li.

Anders Janzon, ahli mikrobiologi di Universitas Cornell, juga hati-hati tentang bagaimana menafsirkan temuan penelitian. Ia berharap penelitian selanjutnya akan menyelidiki lingkungan murni untuk memastikan bahwa urutan plasmid sintetis belum ada di sana.

“Jika penelitian yang akan datang mendukung temuan ini, ini akan menjadi perhatian para ilmuwan untuk serius menangani desain dan implementasi eksperimen mereka,” kata Donato.

Sumber:www.biosafety-info.net;http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23215020;http://cen.acs.org/articles/90/web/2012/12/Labs-Contaminate-Rivers-Antibiotic-Resistance.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>