Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Bioteknologi dan Lingkungan dalam Perspektif Hubungan Utara-Selatan

Konphalindo – 02 Dec 2008

Ada saatnya ketika kata “bioteknologi” tampil seperti mantra di telinga kita. Dari sudut ilmiah-akademis, bioteknologi modern membuka keluasan kemungkinan bagi manusia dan seakan menyajikan alternatif yang akan memberi solusi bagi banyak persoalan hari depan kita.

Adalah jasa buku kecil ini kalau ia persis menunjuk sisi gelap darinya. Bahaya hayati dan bahaya kimia yang diakibatkannya dike-tengahkan sebagai sesuatu yang destruktif bagi lingkungan.

Sebagaimana mantra, bioteknologi ak-hirnya juga diarahkan oleh berbagai kepen-tingan. Di sini menjadi relevan kajian yang lebih luas daripada sekedar analisis ilmiah-akademis. Dengan mangambil perspektif hubungan Utara-Selatan sebagai kerangka analisis, buku ini menunjukkan betapa bio-teknologi menjadi sarana eksploitasi Utara terhadap Dunia Ketiga. Kita diperingatkan bahwa ada sisi di mana bioteknologi justru tampil sebagai parodi, bahkan tragedi.

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama dan KONPHALINDO, 1995

Penulis : Vandana Shiva, ix + 61 hlm.

Harga : Rp.6.000,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>