Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Beruang Kutub akan Selamatkan Manusia dari Dampak Perubahan Iklim

Ani Purwati – 06 Dec 2007

Perubahan iklim pasti akan terjadi. Dampaknya tentu akan dapat dirasakan di seluruh penjuru bumi, baik manusia, alam, dan makhluk hidup di dalamya. Selayaknya perhatian ditujukan pada semua elemen kehidupan tersebut.

Menurut Rully Prayoga sebagai Kampanye Oxfam, tidak ada yang lebih penting dari lainnya untuk diperhatikan. Bukan hanya lingkungan dan binatang, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat miskin yang rentan terhadap dampak perubahan iklim juga harus diperhatikan.

Melalui aksinya di depan Gedung Westin (tempat diselenggarakannya Konferensi Perubahan Iklim), Nusa Dua, Bali, Kamis (6/12), sekelompok aktivis Oxfam sekitar 15 orang berusaha menyadarkan para delegasi konferensi untuk memperhatikan kemampuan masyarakat miskin agar dapat beradaptasi pada dampak perubahan iklim. Bentuknya adalah putusan yang memihak sosial ekonomi masyarakat miskin yang rentan.

Dalam aksi yang berlangsung pada pagi hari sekitar pukul 09.30 WITA tersebut, nampak aktivis memboncengkan aktivis lainnya yang memakai kostum beruang kutub dengan sepeda kayuh memutari halaman Gedung Westin beberapa kali. Setelah itu muncul barisan aktivis lainnya sekitar tujuh orang yang mengenakan kostum beruang putih yang sama berjalan beriringan dengan membawa poster bertuliskan “Save Human Too”. Lalu mereka berbaris dan dua orang di antaranya menyampaikan maksud dari aksi tersebut

Prayoga menjelaskan bahwa aksi yang berlangsung sekitar 30 menit itu menggambarkan bahwa beruang kutub tidak hanya menjadi makhluk lemah yang diselamatkan, tetapi juga dapat menyelamatkan manusia dari dampak perubahan iklim.

Untuk menyelamatkan masyarakat miskin yang rentan tersebut, pemerintah Indonesia dapat melakukan dalam contoh bencana yang sering terjadi seperti banjir. Bagaimana seharusnya pemerintah bisa menangani banjir sehingga tidak memperbesar kerugian harta dan nyawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>