Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Berenang untuk Adaptasi terhadap Perubahan Iklim

Ani Purwati – 04 Dec 2007

Di sela Konferensi Perubahan Iklim PBB di Nusa Dua Bali juga terjadi aksi di halaman Hotel Westin Nusa Dua (tempat konferensi, red) pada 4 Desember. Sekelompok delegasi dari kelompok pemuda sedunia melakukan aksi teknik berenang yang baik dengan membawa gambar-gambar pulau di Indonesia yang berubah garis pantainya dan menyanyikan lagu berenang. Menurut mereka yang berjumlah sekitar 20 orang, berenang adalah cara untuk beradaptasi pada lingkungan yang telah berubah dari daratan menjadi lautan.

Akibat pemanasan global dan perubahan iklim, permukaan air laut akan meningkat. Maka masyarakat rentan yang berada di dataran rendah atau pantai akan kehilangan tempat tinggalnya yang berubah menjadi lautan. Untuk itu mereka meminta para delegasi dalam pertemuan untuk perubahan iklilm ini bisa memecahkan masalah tersebut. Di akhir aksi yang berlangsung hanya beberapa menit ini, salah satu peserta melakukan aksi dengan berpose menggunakan perlengkapan selam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>