Isu Bumi
  • image01
  • image02
  • image03

Bali Kolaborasi Kembali Kampanyekan Hari Hening Dunia

Bali Kolaborasi – 16 Oct 2008

Kampanye Hari Hening Dunia atau World Silent Day (WSD) yang dideklarasikan setahun yang lalu oleh Bali Kolaborasi bertepatan dengan dilangsungkannya KTT Perubahan Iklim di Bali masih tetap disuarakan untuk dapat diakui internasional. Hal ini terbukti dari kegiatan pertanggungjawaban publik dan launching WSD 2009 di Wantilan DPRD Bali, Rabu (15/10) kemarin. Demikian disampaikan Bali Kolaborasi dalam siaran persnya yang diterima beritabumi.or.id, Kamis (16/10).

Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk menggalang dukungan tanda tangan seluas-luasnya dari masyarakat. Dengan target sejumlah 10 juta tanda tangan diharapkan mampu membuat WSD dipertimbangkan dalam KTT Perubahan Iklim untuk diakui dan diterapkan secara internasional.

“WSD yang terinspirasi dari Hari Nyepi di Bali merupakan salah satu solusi bagi perubahan iklim murah dan adil. Jika hal ini dapat dilakukan secara serentak di dunia maka akan sangat bermanfaat bagi bumi kita,” kata Made Suarnatha dari Kolaborasi Bali.                                                                                  

Untuk mewujudkan kampanye WSD, menurut Suarnatha, langkah yang akan dilakukan adalah memperluas dukungan dan tetap mengkampanyekannya pada KTT Perubahan Iklim di Poznan, Polandia pada Desember nanti.

“Bali Kolaborasi bekerjasama dengan jaringan internasionalnya akan mengirimkan delegasi ke Poznan, Polandia untuk menjaga konsistensi kampanye WSD di tingkat internasional,” tambahnya.

Ketika ditanyakan tentang pelaksanaan WSD 21 Maret lalu, Suarnatha mengatakan bahwa pelaksanaan WSD 2008, sebagai langkah awal  lalu telah menarik banyak simpati, seperti terlihat banyaknya  mendapat respon dari masyarakat baik Bali, nasional maupun internasional.

“Sebagai contoh, ada orang Australia dan Jakarta bercerita kepada Kolaborasi Bali bahwa ia melakukan anjuran WSD dan merasakan sebuah pengalaman yang menakjubkan. Selain itu, banyak sekali dukungan yang mengalir dari berbagai pelosok kepada Bali Kolaborasi,” ungkap Suarnatha.

Acara pertanggungjawaban publik diikuti dengan peluncuran kampanye WSD 2009 dan Global Day of Action pada Desember 2008 nanti, serta  dimeriahkan dengan dongeng anak oleh Pan Godogan yang mengambil tema tentang perubahan iklim dan keheningan. Selain itu, ada juga penyerahan penghargaan secara simbolik  bagi komponen yang membantu kampanye WSD yakni wartawan, mahasiswa, pelajar dan profesional.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

- Made Suarnatha 08123802990

- Dwi Yani 0361742003

- Agung Wardana 081916606036

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>